Bacasaja.info – Memanfaatkan dunia digital sebagai sarana edukasi dan komunikasi kepada masyarakat luas tentu menjadi hal yang lumrah di era dunia globalisasi dan modernisasi 4.0. Seperti hal nya ketika edukasi di dunia digital sekarang menjadi salah satu sasaran empuk bagi banyak orang agar pesannya bisa sampai ke masyarakat. Salah satunya dengan bermain TikTok. Aplikasi yang satu ini, memang menjadi tren dan digandrungi semua usia. Seperti yang kali ini diperagakan oleh salah satu anggota Polisi wanita (Polwan) Polres Bangkalan Bripka Vicky Hartinanda Muin, S.H. yang memilih TikTok sebagai sarana edukasi kepada masyarakat.

Akhir akhir ini, video TikTok Bripka Vicky tentang edukasi kepada masyarakat mengenai vaksin covid-19 yang aman dan halal tersebut viral di sejumlah highlight media sosial. Video yang berdurasi 30 detik tersebut sukses menarik hati masyarakat untuk tidak lagi takut dengan vaksin yang akan segera diperoleh secara gratis oleh masyarakat Indonesia.

Bagi Bripka Vicky, tentu ini bukan kali pertama baginya menjadikan TikTok sebagai sarana edukasi kepada warga. Di awal masa pandemi ini, dara kelahiran Bangkalan tersebut juga membuat TikTok tentang protokol kesehatan dan kepatuhan memakai masker guna menghindari penyebaran virus corona. “Kami membuat video edukasi berdurasi singkat ini dengan harapan agar pesannya bisa sampai ke masyarakat. Dikemas dengan bahasa yang sederhana dan se ringan mungkin, kami berharap masyarakat Indonesia khususnya di kabupaten Bangkalan tidak takut untuk divaksin. Karena vaksin yang saat ini ada sudah teruji halal dan aman,” tukas Bripka Vicky ramah saat ditemui di Mapolres Bangkalan siang tadi, Senin (01/02/2021).

Senada dengan Bripka Vicky, Kapolres Bangkalan AKBP Didik Hariyanto, S.I.K. pun menuturkan jika ini merupakan ide kreatif dari Bripka Vicky untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang vaksin. “Ini tentu hal yang bagus. Videonya dikemas dengan seringan dan semenarik mungkin, sehingga kita harapkan bahwa masyarakat bisa mengerti bahwa vaksin covid yang saat ini untuk mengurangi angka penyebaran wabah corona aman dan halal,” urai perwira berpangkat melati dua di pundak tersebut. Lebih lanjut lagi, mantan Kapolres Pacitan ini juga menjelaskan jika edukasi ala TikTok sebagai terobosan baru di era digital 4.0. “Menggunakan media sosial seperti TikTok untuk menyampaikan pesan positif kepada masyarakat seperti sosialisasi vaksin di tengah corona saat ini sangat ampuh. Dan ini merupakan hal yang baik sebagai bagian dari perkembangan teknologi. Dimana saat ini, teknologi kita gunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi agar cepat diterima oleh masyarakat luas,” tutup AKBP Didik. (Duwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here