Rizieq Shihab itu sudah jadi tokoh politik yang kontroversial sejak awal tahun 2000’an. Bahkan pernah ditahan dan dijatuhkan hukuman penjara dua kali, yaitu pada tahun 2003 karena kasus pengrusakan tempat umum dan dijatuhkan vonis tujuh bulan penjara. Kemudian pada tahun 2008 kasus lagi ketika secara terang — terangan mengarahkan dan menganjurkan bentuk kekerasan dalam bentrok kerusuhan 1 Juni 2008 di Monas, Rizieq dijatuhkan vonis satu setengah tahun penjara.

Rasanya Rizieq sudah dari tahun ke tahun tidak disukai oleh pemerintah, bahkan pemerintahan Jokowi sendiri bisa dibilang masih baik karena tidak memenjarakan dirinya yang sudah dua kali dipenjarakan di era SBY dan Megawati. Lagipula juga di era Gus Dur saja dirinya sudah turut mengeluarkan pernyataan kontroversi ketika menghina bahwa Gus Dur buta mata sekaligus hatinya.

Belum lagi kasus lainnya ketika menyindir agama lain, budaya Sunda, menghina polri masih banyak lagi yang di era keterbukaan ini bisa dicari dengan mudah rekam jejaknya. Maaf saya menganggap dirinya bukan petinggi agama melainkan politisi atau tokoh politik karena memang dari dulu agendanya selalu menggaungkan ideologi serta agenda politik tertentu.

Janganlah menggiring opini kalau belum tau atau memang sengaja tidak mau tau, negara ini sudah banyak masalah jangan ditambahkan masalah tidak jelas lagi karena penggiringan opini bisa membuat keresahan dan keributan lagi di masyarakat. Jadi ada baiknya dicari, dibaca, dan ditelusuri, jangan buta matanya sekaligus buta hatinya seperti yang pernah dikatakan oleh junjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here