Kulon Progo – Fenomena alam bak lukisan menyerupai evaporasi air laut terjadi di langit Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo, Yogyakarta pada Jumat, 15 Januari 2021. Penampakan awan yang tidak biasa itu pun menjadi perbincangan warganet.

Banyak warga yang mengabadikan dengan foto dan video kemudian membagikannya ke media sosial maupun pesan berantai WhatApps. Banyak warganet takjub dengan apa yang dilihatnya. Salah satunya di akun Twitter @upil_jaran dengan cuitan sebagai beritaku:

“Infonya sih fenomena di bandara Kulon Progo pagi ini. Keren ya mendungnya,” tulis pengunggah.

Dalam video yang dipotong, menggambarkan sebuah lapangan bandara YIA dengan kondisi langit yang cenderung mendung. Awan di langit membentuk ombak. Lantas bagaimana tanggapan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai pemandangan itu?

Terjadi karena adanya pertemuan masa udara hangat dan angin dari darat.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta, Warjono mengatakan, penampakan langit di atas bandara yang berada di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo tersebut merupakan fenomena awan arcus atau roll cloud. “Terjadi karena adanya pertemuan masa udara hangat dan angin dari darat,” katanya kepada wartawan.

Sehingga yang akan ditimbulkan dari fenomena tersebut, menyebabkan awan menggulung nampak seperti ombak. Awan jenis ini lanjut Warjono, biasanya diikuti hujan.  “Turbulensi pergerakan dari laut terpantau mulai dari jam 07.00 sampai jam 08.20 WIB,” ucap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here