Bacasaja.info – Kepolisian Negara Republik Indonesia selalu memberikan hal yang baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi di era industri teknologi 4.0 seperti saat ini. Transformasi dalam memberikan informasi dan pelayaan publik pun kini semakin berbeda, seperti contohnya di Divhumas Polri tempat dimana corong informasi kepada masyarakat beredar. Ada pemandangan yang berbeda diacara konferensi pers pengungkapan kasus narkotika jaringan internasional yang digelar Divisi Humas Mabes Polri pada hari ini Jumat (29/1/2021). Pemandangan yang tak biasa ini, tentu memantik tanda tanya di banyak pihak.

Seorang wanita berbaju hitam tampak berdiri diantara Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dan Karo Penmas Brigjen Pol Rusdi Hartono.

Wanita berkaca mata tersebut memainkan kedua tangannya dengan bahasa isyarat saat Irjen Argo berbicara. Ya, wanita tersebut adalah juru bahasa isyarat yang sengaja dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan informasi.

Menurut Argo, Divisi Humas Polri akan mengikutsertakan juru bicara isyarat dalam setiap kegiatan konferensi pers. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi hak penyandang difabel untuk memperoleh informasi yang sama dan utuh.

“Kegiatan konfernsi pers di Mabes Polri mulai saat ini dan seterusnya akan berbeda dengan yang sebelumnya. Kali ini mengikutsertakan juru bicara isyarat untuk kaum difabel,” kata Argo.

Pelibatan juru bahasa isyarat ini juga sebagai bentuk dukungan dari komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberikan ruang bagi kelompok difabel menjadi bagian Korps Bhayangkara.

Dengan kata lain masyarakat yang berkebutuhan khusus bisa mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan kompetensi. Kelompok difabel itu dapat bertugas di bidang administrasi, pelayanan, analisis terkait teknologi informasi, maupun disesuaikan dengan posisi yang memungkinkan.

“Hal itu sesuai dengan program prioritas perihal menjadikan SDM Polri yang unggul di era police 4.0,” ungkap Argo. (Duwi/Humas BKL)

1 KOMENTAR

  1. Hi there I am so glad I found your webpage, I really found you by accident, while I was researching on Digg for something else, Anyhow
    I am here now and would just like to say thanks a lot for a tremendous post
    and a all round thrilling blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have
    bookmarked it and also added in your RSS feeds, so when I
    have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the excellent jo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here