Seorang pria yang berstatus sebagai narapidana peras janda muda dengan modus video call sex (VCS). Namun modus operandi keduanya tak berhasil, dan pelaku tertangkap atas laporan korban.

Iwan Saputra (25), adalah narapidana di Lapas Gunung Sugih Lampung. Kepolisian Daerah Riau menangkapnya atas tuduhan pemerasan terhadap SI dengan jumlah yang tak sedikit, Rp150 jutaan.

“Penangkapan ini setelah kami menerima laporan. Ada seorang wanita diperas oleh pria yang mengaku anggota Polri,” kata Direktur Ditreskrimsus Polda Riau Kombes Andri Sudarmadi, melansir Merdeka.com Selasa (9/2/2021).

Andri menyebut, peristiwa ini berawal ketika pelaku berhasil mendapatkan nomor handphone korban. Pelaku melancarkan aksinya dengan menghubungi korban melalui video call.

Komunikasi antara narapidana dan janda muda ini semakin akrab. Pelaku berhasil melakukan bujuk rayu untuk berbuat mesum dari jarak jauh. Pelaku meminta korban melakukannya dengan VCS, dan merekam adegan tersebut.

“Rekaman itu kemudian dijadikan bahan oleh pelaku untuk memeras korban, dia juga mengancam video tersebut akan disebar jika tidak memberikan uang,” terangnya.

Peras Janda Muda Rp150 Juta

Iwan berhasil untuk pertama kalinya meminta SI mentransfer uang sebesar Rp13 juta. Uang ini ia berikan agar pelaku tidak menyebar video yang sudah terekam untuk tidak tersebar ke publik.

Pelaku tidak puas dan kembali melakukan pemerasan dengan uang tebusan uang senilai Rp150 juta.

Karena terus diperas, korban melaporkan kasus ini ke Polda Riau. Kita lakukan penelusuran dan diketahui pelaku berada di Lapas Gunung Sugih dan membuat akun palsu dengan profil anggota Polri,” jelasnya.

Korban kemudia membuat pengaduan ke polisi. Pengakuan korban menjadi petunjuk polisi untuk menangkap pelaku.

Polisi juga menyita baraang bukti untuk modus operandinya, berupa tiga smartphone dan 1 SIM card yang ia sembunyikan dalam mulutnya.

“Saat ini pelaku sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku kita tahan untuk proses penyidikan,” pungkas perwira menengah jebolan Akpol 1995 itu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here