Bacasaja.info Tidak masalah meskipun masuk dalam daftar Negara terkecil ketiga di Eropa, namun San Marino memiliki banyak keunikan. Secara geografis, negara ini terletak di semenanjung timur laut Italia. Republik San Marino dalam bahasa Italia disebut de­ngan ‘Serenissima Republica di San Marino’.

San Marino terletak di pegu­nungan dan memiliki iklim empat musim. Karena terletak di pegu­nungan, San Marino tentu me­miliki pemandangan yang indah. Dari San Marino, kita bisa melihat pe­mandangan Gunung Titano yang meru­pakan bagian dari Pegunungan Apenina.

Di San Marino, ada beberapa tempat unik, salah satunya adalah tiga menara yang dibangun di lereng gunung, yakni Torre Guaita, Torre Cesta, dan Torre Montale.

Menara Torre Guaita tercatat tertua dan paling terkenal dari tiga menara di San Marino yang dibangun pada abad ke-11. Uniknya, menara ini sempat dijadikan penjara. Menara kedua adalah Torre Cesta yang terletak di puncak ter­tinggi di Gunung Titano. Di sana ada sebuah museum yang diba­ngun untuk menghormati Santo Marinus.

Di museum ini terdapat 1.550 senjata yang berasal dari era abad pertengahan. Sa­yangnya, menara ketiga, Torre Mon­tale, tidak dibuka untuk umum.

Selain punya pemandangan indah dan tem­pat wisata yang unik, San Marino ju­­ga punya hal unik lainnya. Marino adalah negara republik konstitusional tertua didunia yang dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab.

Sedangkan secara konstitusi, San Ma­rino disahkan menjadi sebuah negara pada 1600. Bahkan konstitusi San Marino ini meru­pakan konstitusi tertua di dunia yang ma­sih berlaku hingga sekarang.

Walaupun punya konstitusi tertua di dunia, San Marino bahkan mempunyai kebijakan bebas pajak buat warga negara­nya. San Marino adalah negara bebas pajak, tanpa perbatasan, dan untuk masuk ke negara ini hanya dibutuhkan visa schenge.

San Marino tercatat sebagai negara terkecil ketiga di Eropa setelah Vatican dan Monaco, serta negara terkecil kelima di dunia. Luas wilayah San Marino sekitar 61 kilometer persegi, dan punya penduduk sebanyak 32.000 jiwa.

Yang tidak kalah unik, ne­gara ini ternyata juga punya dua kepala negara. Selain itu, durasi masa jabat­annya pun juga cukup unik, karena dua kepala negara ini dipilih dua kali dalam setahun.

Kepala negara San Marino disebut Wa­li Kapten atau ‘Capi­tani Reggenti’. Pe­mi­lihan kepala negaranya dilaksanakan se­tiap enam bulan sekali pada April dan Oktober.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here