Beberapa indicator baru baru ini merelease hasil akses internet tercepat di beberapa kota yang ada di Indonesia, Speedtest Global Index dari Ookla merilis data 10 kota di Indonesia dengan koneksi internet pita lebar (broadband) tercepat.

“Jakarta menunjukkan kecepatan download rata-rata tercepat melalui pita lebar di antara kota-kota terpadat di Indonesia selama Q3-Q4 2020 pada 28,86 Mbps,” kata Ookla dalam laporannya.

Kecepatan download rata-rata di kawasan ibu kota terpaut lumayan jauh dari Bekasi di posisi kedua dengan kecepatan 24.79 Mbps. Di posisi kesepuluh ada kota Surabaya dengan kecepatan downloadrata-rata 19.91 Mbps.

Tak hanya itu, Jakarta juga paling unggul dalam hal kecepatan rata-rata upload yang mencapai 20,28 Mbps.

Namun di aspek latensi, Bandung mengungguli Jakarta dengan latensi paling singkat, yakni 14ms. Sementara koneksi internet pita lebar di Jakarta memiliki latensi 16 ms, sama seperti di Depok.

Selengkapnya lihat grafik di bawah ini.

Internet Kabel di Indonesia Versi Speedtest: Biznet Tercepat, Telkom Paling Lemot

Speedtest Global Index juga ini merilis daftar perusahaan penyedia jasa internet pita lebar (broadband) tercepat di Indonesia pada periode kuartal ketiga hingga keempat 2020.

Di daftar tersebut, Biznet menduduki peringkat pertama dengan kecepatan 33.99 Mbps. Di tempat kedua, MyRepublic terpaut sangat tipis dengan kecepatan 33.20 Mbps.

“Pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami karena selama ini tim Biznet bekerja dengan penuh komitmen untuk dapat menghadirkan layanan Internet WiFi yang cepat dan stabil bagi seluruh pelanggan,” ujar Adi Kusma, President Director Biznet

Sementara First Media dan Telkom menempati posisi ketiga dan keempat dengan kecepatan masing-masing 14.82 dan 14.74 Mbps.

Selain kecepatan, Laporan Speedtest juga mengungkap metrik lainnya, yaitu Latensi dan Konsistensi.

Latensi

Di aspek Latensi, MyRepublic berada di posisi teratas dengan skor 16 ms dan Telkom menguntit di posisi kedua dengan Latensi 17ms. Biznet dan First Media menduduki tempat ketiga dan keempat dengan latensi masing-masing 26 dan 29ms.

Konsistensi

Lalu di aspek Konsistensi, MyRepublic paling unggul dengan skor 60,4 persen. Ia unggul tipis dari Biznet yang meraih skor 59 persen. Lalu First Media dan Telkom meraup skor konsistensi 26 dan 19,7 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here