bacasaja.info Saat mendengar Layanan media sosial facebook dan instagram dikabarkan sempat tumbang pada jum’at (9/4/2021) pukul 04.30 pagi tadi. Kedua jejaring sosial yang banyak dimiliki oleh jutaan pengguna itu tidak dapat diakses dengan di berbagai wilayah termasuk wilayah Indonesia.

Melalui Twitter, para pengguna melaporkan tidak dapat me-refresh halaman muka kedua media sosial tersebut.

Kejadian tersebut berlangsung kurang dari satu jam dan sekitar pukul 05.15 WIB layanan Facebook dan Instagram berangsur pulih. Kabar pemulihan pun diunggah akun resmi Instagram di Twitter berikut.

Pihak Facebook tidak menjelaskan apa penyebab tumbangnya kedua layanan mereka. Namun, ini bukan pertama kalinya kedua layanan ini tumbang dalam satu bulan terakhir.

Pada Maret lalu, keluhan serupa pernah terjadi. Pengguna Instagram banyak yang melaporkan bahwa Instagram memunculkan pop-up “error”. Beberapa lainnya mengaku Instagram tidak bisa memuat linimasa dan menampilkan pop-up “couldn’t refresh”.

Sebelum layanan berangsur pulih, situs Downdetector.id mencatat ada ratusan laporan yang membanjiri website tersebut terkait layanan Facebook dan Instagram.

Untuk Facebook, ada 310 laporan yang tercatat pada pukul 04.38 WIB, di mana sebagian ebsar laporan berasal dari pengguna yang tidak bisa mengakses platform tersebut sama sekali.

Sementara untuk Instagram, ada sekitar 397 laporan yang masuk ke situs Downdetector pada pukul 04.26 WIB. Mayoritas pengguna mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa mengakses News Feed atau lini masa Instagram.

Mengeluh di Twitter

Berbagai laporan soal Facebook dan Instagram yang tumbang juga sempat menjejali jejaring sosial Twitter.

Karena banyak pengguna yang mengeluh, tagar #instagramdown ramai dibicarakan dan bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter.

Kemudian pada pukul 06.27 WIB, tagar tersebut berada pada 10 besar trending topic Twitter di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here