Bacasaja.info Di atas permukaan laut ada penampakan ilusi optik yang cukup menakjubkan di laut Penampakan yang berhasil ditangkap oleh seorang pria bernama Colin McCallum tersebut memotret sebuah kapal tangkar yang terlihat terbang melayang di langit.

Ternyata pemandangan itu adalah hasil ilusi optik yang terjadi di lepas pantai Banff, Aberdeenshire, Skotlandia. Lalu bagaimana ilusi optik bisa membuat kapal itu tampak melayang di atas lautan?

Gambar tersebut diabadikan oleh Colin pada Jumat, 26 Februari, saat pantai di sana dalam cuaca yang sangat cerah. Pada hari itu, langit di kawasan itu sangat biru dan berpadu dengan birunya air laut.

Kesamaan warna laut dan langit, membuat mata kita tidak bisa menangkap batas warna air laut dan langit. Ditambah lagi, bagian air yang semakin dekat ke pantai memiliki warna lebih gelap karena bayangan awan, membuat seolah itu adalah batas warna air laut.

Bagian bawah kapal terendam air pada permukaan laut yang memiliki warna sama seperti warna langit. Hal ini membuat mata kita menangkap penampakan kapal yang sangat kurus melayang di udara.

Peristiwa itu ia bagikan di Facebook dan mendapatkan tanggapan yang cukup heboh dari para netizen yang tidak mempercayai apa yang mereka lihat.

“Ketika saya pertama kali melihat kapal itu, saya harus melakukan pengambilan berulang-ulang karena saya benar-benar mengira benda itu terbang,” kata Colin, dilansir Daily Mail. “Namun, setelah diperhatikan lebih lanjut, itu sebenarnya hanya ilusi optik yang luar biasa.”

“Hal itu disebabkan oleh formasi awan yang lebih dekat ke pantai yang mengubah warna air yang lebih dekat ke daratan. Sementara karena perahu lebih jauh, berada di daerah tak berawan langit memantulkan laut, membuat perahu tampak seperti mengambang.”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here