bacasaja.info Konsumsi Buah sawo (Manilkara zapota) merupakan buah yang penampakan luarnya mirip buah kiwi.

Di balik rasanya yang manis dan legit, buah sawo mengandung beberapa nutrisi berupa vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Nutrisi paling banyak yang terdapat pada buah sawo, yaitu vitamin C (39.33%), karbohidrat (37.00%), serat (33.68%), zat besi (24.13%), dan tembaga (23.00%).

Secara keseluruhan, pada satu buah sawo (sekitar 241 gram) terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut: kalori (200 Kcal); serat (12,8 g); lemak (2,65 g); protein (1,06 g); karbohidrat (48,1 g).

Kalsium (51 mg); air (187,98 g); magnesium (29 mg); zat besi (1,93 mg); potassium (465 mg); fosfor (29 mg); asam Pantothenic (0,607 mg); vitamin C (35,4 mg); folat (34 mcg); niacin (0,482 mg); vitamin A (7 mcg)

Berikut GenPI.co membeber manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh.

1. Meredakan demam

Buah sawo ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Penelitian yang di lakukan dalam Asian Pasifict Journal of Tropical Disease menemukan bahwa ekstrak daun sawo dapat memiliki sifat antiradang dan antipiretik yang membantu meringankan peradangan serta demam.

2. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Buah sawo adalah agen detoks alami yang bisa Anda gunakan setiap hari karena aman bagi kesehatan.

Ketika Anda mengonsumsi sawo, kandungan di dalamnya dapat membantu tubuh membuang racun lewat urine alias buang air kecil.

3. Sumber energi

Rasa manis pada sawo berasal dari kandungan fruktosa dan sukrosa. Kedua jenis gula alami ini bermanfaat untuk menaikkan energi Anda secara instan, namun tetap sehat.

Konsumsi buah sawo juga dapat mencegah Anda merasa lemas seharian. Namun, jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

4. Menormalkan tekanan darah

Manfaat buah sawo ini diperoleh dari kandungan magnesium dan potasium. Kedua mineral ini terbukti mampu menormalkan tekanan darah bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan tersebut.

Selain itu, potasium juga bisa menurunkan risiko stroke, menjaga otot dari kehilangan massa, dan meredakan pembentukan batu ginjal.

5. Membantu hilangkan stres

Terdapat kandungan vitamin C sebanyak 39,33% di dalam buah sawo. Itu artinya, gangguan stres dapat diredakan oleh buah sawo, sebab, vitamin C sangatlah baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk membantu meredakan perasaan stres.

6. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kalium sangatlah penting untuk fungsi sel, impuls saraf, dan sinyal yang bergantung pada fungsi otak.

Kekurangan kalium di dalam tubuh dapat menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi, kelelahan, sulit mengingat dan mencerna pelajaran.

Itulah mengapa manfaat buah sawo dipercaya dapat menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak, karena ia mengandung kalium.

7. Menyehatkan kulit

Berbagai macam studi membuktikan, kandungan vitamin B5 yang dikandung buah-buahan seperti sawo dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Tidak hanya itu, vitamin B5 juga dipercaya dapat mengatasi reaksi kulit akibat terapi radiasi.

Selain mempercepat proses penyembuhan luka, manfaat buah sawo dipercaya juga bisa menghambat proses penuaan seperti munculnya keriput dan bintik hitam di kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here