bacasaja.info Jakarta Tempat wisata Malang bisa jadi destinasi rekreasi seru. Malang merupakan kawasan wisata yang populer di Jawa Timur. Di sini terdapat tempat wisata Malang dengan beragam pilihan.

Malang yang terdiri dari wilayah kota dan kabupaten menawarkan banyak tempat wisata Malang untuk liburan. Di tempat wisata Malang kamu bisa menemukan wisata alam, kota, sejarah, dan belanja. Tempat wisata Malang ini juga cukup terjangkau baik dari segi transportasi maupun akomodasi lainnya.

Tempat wisata Malang merupakan pilihan tepat untuk kamu yang sedang mencari tempat berlibur. Berikut 40 tempat wisata Malang dengan beragam pilihan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (16/4/2021).

Candi Singosari

Tempat wisata Malang yang pertama adalah candi Singosari. Candi Singosari berlokasi di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, karena pada masanya candi Singosari adalah candi yang tertinggi. Beberapa candi di Jawa Timur, terutama yang terletak di sekitar kota Malang, mempunyai kaitan sejarah yang erat dengan Kerajaan Singosari.

Candi Jago

Candi Jago terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Saat ini Candi Jago masih berupa reruntuhan yang belum dipugar. Keseluruhan bangunan candi berbentuk segi empat dengan luas 23 x 14 m. Candi Jago dipenuhi dengan panel-panel relief yang terpahat rapi mulai dari kaki sampai ke dinding ruangan teratas.

Candi Kidal

Candi Kidal berada di lembah Gunung Bromo dengan ketinggian 52 Meter di atas permukaan laut. Candi ini tepatnya berada di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, sekitar 20 km sebelah timur kota Malang. Candi Kidal merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Singosari. Candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusapati, Raja kedua dari Singosari.

Candi Badut

Candi Badut berlokasi di kawasan Tidar, bagian barat kota Malang. Candi Badut diduga diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur. Candi ini termasuk candi tertua di Jawa Timur.

Candi Jawar

Candi Jawar juga dikenal sebagai Candi Samudro. Candi Jawar terletak di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading. Lokasi tempat wisata Malang ini memang istimewa, karena, dikelilingi pemandangan pepohonan khas kawasan pegunungan. Candi ini ditemukan sekitar tahun 1982-1983 dengan kondisi terpendam di dalam tanah. Kini candi Jawar digunakan oleh sekitar 74 keluarga Hindu di Kecamatan Ampel Gading sebagai pura untuk beribadah.

Candi Sumberawan

Candi Sumberawan berada di di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini berjarak sekitar 6 km dari Candi Singosari yang juga merupakan peninggalan Kerajaan Singosari. Candi Sumberawan hanya berbentuk sebuah stupa. Pemandangan di sekitar candi ini sangat indah karena terletak di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya.

Gereja Ijen

 

Gereja Ijen atau juga dikenal sebagai Gereja Katedral Malang merupakan salah satu gereja tertua di Jawa Timur. Gereja Ijen berada di Jl. Buring No.60, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang. Gereja Ijen dibangun dengan gaya arsitektur neo-gothik oleh arsitek L. Estourgie dan menjadi warisan arsitektural kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Klenteng En Ang Kiong

Klenteng En Ang Kiong termasuk bangunan bersejarah yang berumur hampir dua abad. Klenteng En Ang Kiong termasuk klenteng Tri Dharma di mana klenteng ini digunakan sebagai tempat ibadah tiga agama yaitu Konghucu, Tao, dan Buddha. Klenteng En Ang Kiong termasuk bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya di Malang.

Petirtaan Watugede

Petirtaan Watugede merupakan pemandian peninggalan kerajaan Singhasari. Pemandian ini diyakini merupakan pemandian yang digunakan oleh para putri raja zaman pemerintahan Ken Arok. Petirtaan Watugede berjarak sekitar 2 km dari candi Singosari. Kini pertitraan ini menjadi tempat wisata Malang yang cukup populer. Tak hanya sarat dengan nilai sejarah, pemandian ini memiliki suasana yang tenang dan teduh.

Monumen Juang 45

Monumen Juang 45 berlokasi di Jl. Kertanegara, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang. Monumen ini dibangun sebagai sumber penghormatan bagi para pahlawan dan masyarakat Malang melawan penjajah. Monumen ini berada tepat di depan stasiun Malang Kota Baru.

Museum Singhasari

 

Museum Singhasari berlokasi di Krajan, Klampok, Singosari, Malang. Museum ini menampilkan diorama dan replika arca–arca yang menceritakan berdirinya kerajaan Singhasari. Ada juga peninggalan asli berupa patung berbahan kuningan seperti patung Dewi Sri dan Bathara Guru yang dipinjamkan pemilik aslinya ke museum.

Museum Zoologi Frater Vianney

Museum Zoologi Frater Vianney berlokasi di Jl.Raya Karang Widoro 7, Karang Besuki, Tidar, Dau, Malang. Museum ini menawarkan edukasi tentang satwa, terutama biota laut dan reptilia. Di sini terdapat ratusan koleksi kerang-kerangan, ular, dan biota laut yang telah diawetkan. Sebagian besar koleksi museum ini merupakan kepunyaan Frater Vianney, seorang guru berkebangsaan Belanda yang datang ke Indonesia pada 1960-an.

Museum Mpu Purwa

empat wisata Malang selanjutnya adalah Museum Mpu Purwa. Museum Mpu Purwa menyajikan koleksi-koleksi bersejarah kerajaan yang ada di Malang. Museum ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Koleksi yang ada di museum ini berupa peninggalan masa pra sejarah hingga masa sejarah Hindu-Buddha.

Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe erletak di Jalan Gajah Mada nomor 2 persis di belakang Balai Kota Malang. Museum ini menyajikan sejarah Malang dari masa ke masa. Di museum ini ada sekitar 20 ruang yang menceritakan sejarah Malang. Misalnya, ruang yang menceritakan masa Kerajaan Kanjuruhan, Mataram kuno, Kerajaan Singasari, pertapaan Ken Arok, Kerajaan Majapahit.

Coban Jahe

 

Coban Jahe atau yang juga dikenal dengan Air Terjun Begawan berlokasi di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata Malang satu ini, pengunjung harus berjalan kaki lebih kurang sekitar 1 kilometer.

Coban Kethak

Coban Kethak berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kediri. Aliran Coban Kethak merupakan aliran Sungai Lanang yang bermuara hingga ke Kediri. Sesuai namanya, dulunya wilayah air terjun ini ditinggali banyak kera (kethek). Hingga kini pengunjung masih bisa menemukan kawanan kera di sekitar air terjun ini.

Coban Sumber Pitu Pujon

Coban Sumber Pitu Pujon berada di Desa Pujon Kidul, Pujon, Krajan, Pandesari, Malang. Dinamakan sumber pitu karena tempat ini memiliki tujuh air terjun yang saling berdekatan dan memenuhi tebing selebar lebih kurang 50 meter.

Coban Nirwana

Coban Nirwana berlokasi di Desa Sumberbendo, Kecamatan Gedangan, Malang. Wisata alam Malang Coban Nirwana menyuguhkan keindahan air terjun yang bertingkat berbeda dengan air terjun lainnya yang berada di kota Malang.

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan adalah wisata air tejun yang terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang. Air terjun ini memiliki jumlah aliran air terjun yang banyak dan menyuguhkan pemandangan pegunungan yang menyejukkan.

Coban Tundo

Di Coban Tundo kamu bisa menikmati keindahan tiga tingkatan air terjun sekaligus. Air terjun yang berada di Sumbermanjing Wetan, Desa Tambakasri, Kabupaten Malang juga menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu. Di tempat wisata Malang ini terdapat 3 air terjun, yaitu Coban Tundo 1, 2 dan 3.

Coban Siuk

Coban Siuk berlokasi di Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang. Air terjun ini menyuguhkan panorama sejuk dan menenangkan. Air terjun dengan ketinggian yang hampir mencapai 90 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Tak jauh dari Coban Siuk, kamu bisa menemukan Coban Sisir yang tak kalah indah.

Banyu Anjlok

Air terjun Banyu Anjlok berlokasi di Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang. Jika air terjun lainnya berada di pegunungan, air terjun Banyu Anjlok berada di pesisir pantai.

Air terjun ini merupakan tempat pertemuan antara air tawar dan air asin. Di sini kamu tak cuma mendapatkan pemandangan air terjun, namun juga pantai Banyu Anjlok dengan pasir putih yang indah.

Coban Trisula

Coban Trisula berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Malang. Coban Trisula berada di ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut (mdpl). Disebut Coban (air terjun) Trisula karena terdiri dari tiga air terjun yang terbentuk dari satu aliran Sungai Lanjing.

Bromo

 

Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Malang adalah salah satu jalur favorit untuk mengunjungi Bromo. Perjalanan ke Bromo dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Banyak yang menawarkan paket wisata ke Bromo melalui Rute Malang. Paket yang ditawarkan pun beragam seperti paket sunrise, paket camping, dan masih banyak lagi.

Kebun Teh Wonosari

Tempat wisata Malang dengan nuansa pegunungan selanjutnya adalah Kebun Teh Wonosari. Perkebunan ini berada di dua wilayah yaitu di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Produksi khas dari perkebunan teh ini adalah teh putih yang merupakan teh berbahan pilihan, sebab diambil dari pucuk daun teh (pucuk peko) yang belum mekar.

Tempat wisata Malang kampung wisata

Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan termasuk tempat wisata Malang yang sangat populer. Kampung ini bahkan sampai dijuluki Rio De Janeiro-nya Malang. Kampung Jodipan merupakan kawasan perkampungan padat di pinggir Sungai Brantas. Tembok perkampungan ini dicat dengan warna-warni cerah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Kampung Putih

Selain kampung warna-warni, di Malang juga ada kampung serba putih. ampung Putih berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kota Malang. Kampung yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 11 pagi ini terdiri dari rumah-rumah bercat tembok putih dan atap hitam.

Kampung Biru Arema

Selain Kampung Putih, ada juga Kampung Biru yang tak kalah tematik. Kampung ini dikenal dengan Kampung Biru Arema. Arema merupakan klub sepak bola kebanggaan warga Malang. Warna biru mendominasi dinding dan atap rumah warga di kampung ini. Kampung Biru Arema di sisi barat Jembatan Brantas nantinya bisa terhubung dengan Kampung Warna Warni dan Kampung Tridi di sisi timur.

Kampung Heritage Kayutangan

 

Kampung Heritage Kayutangan menawarkan suasana sejarah masa lampau di Malang. Kampung Kayutangan udah tercatat dalam sejarah masa klasik sampai modern. Kampung ini memiliki ciri khas deretan rumah berarsitektur kolonial Belanda.

Kampung 3D

Kampung 3D atau yang juga dikenal dengan Kampung Kesatrian berada bersebelahan dengan kampung Jodipan, dipisahkan oleh Sungai Brantas. Jika Kampung Jodipan hanya bercat warna-warni, Kampung 3D dilukis dengan gambar-gambar 3D yang unik dan instagramable.

Kampung Payung

Kampung Payung berlokasi di jalan L.A Gg. Taruna III, Pandanwangi, Kec. Blimbing, Kota Malang. Sesuai namanya, kampung ini berhias payung kertas warna-warni. Tempat wisata Malang ini juga merupakan pusat industri payung kertas tradisional.

Pasar Besar

Pasar Besar menjadi pusat grosir kebutuhan primer di Kota Malang. Dulunya pasar besar disebut pasar pecinan karena lokasinya berada dekat dengan kawasan pecinan. Pasar ini ditata dalam kombinasi antara pasar tradisional dan modern.

Di lanai 1 dan dua pasar diisi sebagai pasar tradisional yang menjual sayur mayur, buah, dan kebutuhan pokok. Terdapat pula penjual baju, tas, elektronik, dan perabot rumah. Di lantai 3 dan 4 terdapat departement store, tempat bermain anak, dan tempat makan.

Pasar Bunulrejo

Pasar Bunulrejo berada di Jl. Hamid Rusdi, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang. Pasar ini dikembangkan dengan konsep pasar wisata. Pasar ini baru saja direnovasi dan direvitalisasi. Beragam barang dapat ditemukan di pasar ini seperti sembako, sayur, buah, dan pastinya oleh-oleh khas Malang. Terdapat pula pernak pernik souvenir khas Malang yang bisa ditemui di Pasar ini.

Pasar Oro-Oro Dowo

 

Pasar Oro-Oro Dowo atau Pasar Rakyat Oro-Oro Dowo merupakan salah satu pasar tertua yang ada di Kota Malang. Pasar ini dibangun pada zaman kolonial Belanda tahun 1932. Pasar Oro-Oro Dowo juga mempertahankan bangunan tua peninggalan Belanda yang menghadap ke utara. Pasar ini menawarkan sembako, sayuran, buah, perabotan rumah tangga, oleh-oleh, dan beragam produk dengan harga terjangkau.

Tempat wisata Malang pantai

Pantai Banyu Anjlok

 

Pantai Banyu Anjlok termasuk pantai yang cukup unik di Malang. Pantai ini merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri. Untuk sampai ke pantai ini cukup membutuhkan perjuangan, yakni perjalanan off road selama kurang lebih 30 menit melewati perkebunan kopi.

Pantai Ngliyep

Tempat wisata Malang yang tak kalah terkenal lainnya adalah Pantai Ngliyep. Di Pantai Ngliyep juga terdapat pulau kecil bernama Gunung Kambang. Pulau ini bisa dicapai dengan jembatan yang sudah disediakan. Gunung Kambang juga bisa menjadi spot yang menarik untuk melihat matahari terbenam.

Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter menjadi salah satu habitat penyu abu-abu. Jika kamu berkesempatan, kamu bisa menemukan penyu abu-abu di sana. Di pantai ini terdapat bebatuan karang yang indah. Inilah yang membuat pantai ini dinamai Pantai Watu Leter.

Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Wisata pantai Malang yang satu ini berada di balik hutan lindung, sehingga masih jarang yang mengunjungi pantai ini. Di dekat Pantai Mbehi terdapat ceruk dengan air laut yang jernih dan mirip dengan kolam renang alami. Kolam ini sering disebut dengan Teluk Bidadari. Kamu bisa berenang di sana dan bermain air.

Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Sewu, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Meski terkenal angker karena cerita yang beredar di masyarakat, pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pantai ini memiliki tiga pulau karang yang ada di pesisirnya.

Pantai Jonggring Salok

Pantai Jonggring Saloka cukup terkenal dengan fenomena watu ngebros, yaitu fenomena semburan air yang muncul dari sela bebatuan karang. Semburan tersebut adalah hasil pertemuan ombak selatan dan utara yang menghasilkan suara gemuruh cukup besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here