bacasaja.info Setiap tanggal 1 Mei negara Indonesia memperingati Hari Buruh Nasional, adapun kegiatan dari perusahaan biasanya melakukan orasi untuk menyampaikan aspirasinya masing-masing supaya mendapatkan perhatian atas haknya dari pemerintah terkait. Pada kesempatan yang sama, kegiatan unjuk rasa sedang berlangsung di Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Johnny Eddizon Isir memantau langsung dalam kegiatan pengamanan unjuk rasa yang dilaksanakan di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu(1/5/2021). Peserta unjuk rasa yang berasal dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

Mereka melaksanakan aksi tersebut dengan turun ke jalan dalam rangka peringatan ke 58 tahun aneksasi bangsa west Papua. Aksi tersebut berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.

Sebuah peristiwa lima puluh tahun yang lalu (1963), telah menyisahkan kisah ambigu di atas Tanah Papua ( Sorong sampai Merauke). Yang hingga saat ini ambigu tersebut tidak dapat mencapai sebuah kesepahaman. Aneksasi sendiri merupakan sebuah kelompok yang tergolong kelompok lemah atau pemilih hak rakyat.

Disisi lain, unjuk rasa dari Aliansi Mahasiswa Papua ini kali pertama dilakukan di Surabaya. Yang bertujuan mengenang peristiwa yang terjadi pada tahun 1963 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here