bacasaja.info Pemudik sejumlah 25 orang sedang menjalani tes swab di Posko Polsek Tigaraksa Polresta Tangerang. Kegiatan tes swab antigen tersebut dilaksanakan dari unsur kesehatan dari Puskesmas Tigaraksa serta dari Urdokkes Polresta Tangerang, Selasa(18/5/2021).

Tes swab antigen dilaksanakan Polsek Tigaraksa, Kecamatan Tigaraksa, Koramil 06 Tigaraksa, Urdokkes Polresta Tangerang, dan Puskesmas Tigaraksa. Hasil dari 25 orang yang dites dinyatakan negatif.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro menerangkan, pelaksanaan tes swab antigen itu gratis kepada masyarakat yang baru kembali dari mudik usai libur Hari Raya Idul Fitri.

“Tes swab antigen dilaksanakan guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19,” kata Wahyu.

Dikatakan Wahyu, warga masyarakat yang baru kembali dari kampung halaman usai mudik tidak boleh langsung ke rumah. Pemudik yang kembali, lanjut Wahyu, wajib menjalani tes swab antigen guna mengetahui status kesehatan yang bersangkutan.

“Apabila ternyata hasilnya reaktif maka wajib menjalani isolasi,” terang Wahyu.

Oleh karena itu, Wahyu mengimbau kepada masyarakat yang baru kembali dari mudik agar melaporkan diri ke Posko PPKM terdekat atau posko yang didirikan kepolisian. Hal itu, ujar Wahyu, diperlukan untuk pendataan dan tes sehingga nanti bila diperlukan akan mempermudah proses penelusuran atau tracking.

Wahyu menambahkan, tes swab antigen bagi yang berasal dari luar daerah merupakan kebijakan Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho, SH, MH, MBA. Kata Wahyu, kepada masyarakat yang hendak kembali ke wilayah Tangerang usai mudik, wajib dinyatakan non-reaktif berdasarkan hasil tes swab antigen maksimal 1×24 jam.

Wahyu mengatakan, tes swab antigen bisa dilaksanakan selain di juga bisa dilaksanakan di pos pengamanan dan pos pelayanan yang didirikan Polresta Tangerang seperti di Pos Pengamanan Jayanti, Pos Pelayanan Citra Raya, Pos Pengaman Balaraja Barat, dan Pos Balaraja Timur, serta Pos Adiyasa-Maja.

“Tes swab antigen dapat dilaksanakan di pos-pos yang kami dirikan. Silakan masyarakat datang,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here