Berita Polisi Indonesia

Wujudkan Kamseltibcarlantas di Wilayah Hukum Polresta Bulungan, Gelar FGD Penelitian Penerapan ETLE

Wujudkan Kamseltibcarlantas di Wilayah Hukum Polresta Bulungan, Gelar FGD Penelitian Penerapan ETLE

TANJUNG SELOR, Polda Kaltara, Polresta Bulungan – Focus Group Discussion (FGD) mengenai penelitian dinamika penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) digelar di Polresta Bulungan, Senin, 21 Oktober 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Tim Pelaksana Penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri, dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penelitian, Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K., M.H

Kombes Pol Ade Djadja Subagdja menjelaskan bahwa tujuan utama penerapan ETLE adalah untuk meningkatkan keselamatan, keamanan, kelancaran, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polresta Bulungan.

Dengan adanya ETLE, diharapkan tingkat pelanggaran lalu lintas dapat diminimalkan dan pengawasan lalu lintas menjadi lebih efektif. “Penerapan ETLE merupakan salah satu langkah strategi dalam modernisasi sistem pengawasan lalu lintas yang tidak lagi bergantung pada kehadiran fisik petugas di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Bulungan, AKP Rudika Harto Kanagiri, S.I.K, menambahkan bahwa ETLE akan memberikan dampak signifikan bagi ketertiban lalu lintas di Kabupaten Bulungan.

Ia menegaskan bahwa sistem ini tidak memerlukan kehadiran petugas secara langsung untuk menindak pelanggar lalu lintas. Kamera pengawas yang terpasang di berbagai titik strategi akan secara otomatis merekam dan mendokumentasikan setiap pelanggaran yang terjadi.

“Sistem ini memungkinkan proses penegakan hukum yang lebih transparan dan akuntabel, serta mengurangi potensi interaksi langsung antara petugas dan pelanggar,” jelasnya.

Dengan penerapan ETLE, pelanggar lalu lintas akan menerima surat tilang elektronik yang dikirimkan ke alamat sesuai dengan data kendaraan. Proses ini dinilai lebih efisien dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas.

Melalui diskusi yang digelar dalam FGD ini, berbagai masukan dan saran dari para peserta diharapkan dapat memperkuat implementasi ETLE di Bulungan.

FGD ini merupakan salah satu langkah konkrit untuk memastikan bahwa penerapan ETLE dapat berjalan dengan baik, serta memberikan manfaat nyata bagi terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polresta Bulungan. (HmsPolresta)

Pos terkait

Momen HPN 2024, Kapolresta Malang Kota Terima Penghargaan “Tokoh Peduli Pers” Dari PWI Malang Raya

admin

Tinggalkan komentar