Berita Polisi Indonesia

Polresta Malang Kota Gelar Bakti Religi, Bersihkan Tempat Ibadah dan Bangunan Bersejarah

Polresta Malang Kota Gelar Bakti Religi, Bersihkan Tempat Ibadah dan Bangunan Bersejarah

Polresta Malang Kota Gelar Bakti Religi, Bersihkan Tempat Ibadah dan Bangunan Bersejarah
Personel Polresta Malang Kota saat menggelar bakti religi membersihkan rumah dinas di Jalan Dr. Cipto yang pernah ditempati pahlawan nasional Komisaris Jenderal Polisi (Purn) DR. H. Moehammad Jasin, Jumat (7/6/2024). Saat ini, bangunan tersebut difungsikan sebagai kantor Unit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota

 

Polresta Malang Kota menggelar bakti religi menyambut Hari Bhayangkara ke-78. Dalam bakti religi tersebut, puluhan personel Polresta Malang Kota melaksanakan kerja bakti membersihkan tempat ibadah masjid dan bangunan bersejarah, Jumat (7/6/2024).

Bangunan yang menjadi sasaran bakti religi adalah rumah dinas di Jalan Dr. Cipto yang pernah ditempati pahlawan nasional Komisaris Jenderal Polisi (Purn) DR. H. Moehammad Jasin. Saat ini, bangunan tersebut difungsikan sebagai kantor Unit Gakkum Satlantas Polresta Malang Kota.

Lalu Monumen Brimob Tlogowaru yang berada di Jalan Baiturrohman Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Dan terakhir, Masjid Baiturrohman yang berada di dekat Monumen Brimob Tlogowaru.

“Pada hari ini, kami melaksanakan bakti religi. Dalam kegiatan ini, kami melaksanakan pembersihan dan perawatan terhadap beberapa hal yang perlu dirawat,” ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto kepada TribunJatim.com, Jumat (7/6/2024).

Selain untuk merawat dan menjaga keaslian bangunan bersejarah, juga untuk mengenang jasa kepahlawanan Komisaris Jenderal Polisi (Purn) DR. H. Moehammad Jasin.

Diketahui, salah satu aksi yang dilakukan Jasin adalah memproklamirkan Polisi Istimewa atau Tokubetsu Kaisatsu Tai menjadi Polisi Republik Indonesia.

isamping itu, peran Jasin juga tidak terlepas dari keterkaitan dengan Mobile Brigade (Mobrig) atau yang sekarang disebut Brigade Mobil (Brimob), dan dikenal sebagai Bapak Brimob Polri.

“Bangunan kantor Unit Gakkum ini, dulunya pernah digunakan oleh Komjen Pol (Purn) Moehammad Jasin dalam melaksanakan tugas. Tentunya, ini adalah jejak peninggalan sejarah,” tambahnya.

Disamping itu, bakti religi juga bagian dari tugas pokok Polri, baik di bidang harkamtibmas, perlindungan, pengayoman, serta pelayanan masyarakat. Bakti religi menjadi wujud hadirnya polisi di tengah masyarakat.

Untuk itu, pria yang akrab disapa BuHer ini berharap hubungan dekat Polri dengan masyarakat memperkuat semangat kebersamaan.

“Hadirnya Polri di tengah masyarakat, menjadi momentum untuk memperkuat semangat kebersamaan dan pelayanan Polri kepada masyarakat,” tandasnya.

 

Pos terkait

Kapolrestabes Surabaya : Alhamdulillah Unras Kenaikan BBM Di Surabaya Kondusif

admin

Ketum PBNU Yakin Netralitas Polri Pada Pemilu 2024

admin

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI) memberikan penghargaan Presisi Award, kepada Kepolisian Resor Tanah Laut

admin

Tinggalkan komentar